Posted in Plan

Spoiler Dikit

Ceritanya saya mau sedikit ngasih bocoran tentang novel yang sedang saya tulis, insya Allah. Tidak bermaksud apa-apa, hanya saja biar kalau udah dibocor dikit, semangat untuk melanjutkan novelnya semakin besar, hehe. Judul novelnya mungkin gak perlu dikasih tau ya, karena itu terlalu secret jadi gak asik. Saya kasih bocoran tentang tokoh dan sedikit jalan ceritanya aja deh ya.

So, it is about life. Kenapa harus tentang kehidupan karena manusia hidup, dan tak lepas dari kehidupannya yang bermacam-macam. Memang tema ini masih sangat general sekali, jadi saya lebih mengkhususkan pada kehidupan young adult, seperti mahasiswa, ya kehidupan mahasiswa. Mahasiswa yang menjadi tokoh utama di sini harus dibayang-bayangi akan masa lalunya yang sangat complicated, anehnya dia sangat menikmati kehidupan gelapnya. Hanya saja, karena suatu hal ia berjanji untuk meninggalkan ‘kesenangannya’ itu. Dia memutuskan untuk menjadi orang yang normal seperti kebanyakan orang. Namun, ternyata dia tak betah menjalani kehidupan normalnya, menurutnya kehidupan normalnya sungguh sangat abnormal. Ia kehilangan identitas dirinya dan merasa hidup seperti zombie. Tidak jelas hidupnya untuk apa. Nah mungkin cukup segitu dulu aja bocoran alur ceritanya, karena memang sangat panjang, dan entah bagaimana akhirnya nanti. Yang jelas, alur ceritanya mengarah pada pencarian identitas diri yang memang sudah sangat kabur bahkan sejak dirinya remaja.

Dalam novel ini, saya akan berkreasi dan sedikit banyak memutar otak karena selain alur cerita yang kompleks dan dibumbui dengan berbagai ide dan pemikiran yang akan saya sisipkan, saya juga harus bisa mengeksplorasi banyak orang demi karakter-karakter dalam novel ini. Novel ini adalah novel  shōnen. Apa itu shōnen ? Istilah shōnen berasal dari Jepang, biasanya merujuk pada manga Jepang yang biasanya memakai tokoh laki-laki sebagai karakter utama atau plotnya sangat maskulin. Saya sendiri sebelumnya memang pernah beberapa kali menulis cerita pendek dengan laki-laki sebagai tokoh utamanya. Ini merupakan tantangan unik bagi saya yang seorang perempuan, karena saya harus mengetahui bagaimana karakter laki-laki bisa ditampilkan dalam novel ini sehingga karakter saya bisa benar-benar hidup dalam novel. Sedikit banyak saya juga harus melakukan ‘penelitian’ terhadap beberapa orang (laki-laki) untuk bisa disesuaikan dengan karakter yang saya inginkan. Ya, susah-susah gampang sih. Tapi ini akan sangat menantang.

Well, semoga novel ini bisa saya selesaikan di akhir tahun 2013 ini. Mungkin ini akan memakan banyak waktu karena selain waktu untuk menulis, waktu untuk menganalisis berbagai kejadian, ide serta karakter pun akan sangat memforsir pikiran. Doakan saja semoga novel ini bisa selesai dan tentu saja bisa diterbitkan. Aamiin~

Author:

a walker of the long journey seeking for the great last place in the eternal life

Leave a Reply

