Posted in Catatan

Learn to Live; Live to Learn

learn, live, hope

Sering kali dalam suatu waktu, kita akan menemukan momen yang sama sekali tidak kita duga. Atau bahkan bisa saja kita sudah menduganya. Namun ternyata kita tidak atau belum siap untuk menerima hal itu. Tapi, begitulah hidup. Kadang hidup berjalan tidak sesuai dengan apa yang sudah kita rancang. Manusia hanyalah pelaku teknis di lapangan, di balik itu semua ada ‘Arsitek Besar’ yang merancang rumitnya kehidupan manusia.

Banyak hal yang baru saja kusadari atas begitu besarnya kehidupan ini dan begitu lemahnya diri ini ketika menghadapi situasi yang ternyata belum benar-benar aku persiapkan. Satu titik kelemahanku adalah aku tak mudah untuk memutuskan sesuatu secara cermat. Itulah juga yang pada akhirnya sering membuatku terjebak pada situasi sulit. Aku sudah pernah mengalaminya dua kali. Dua kali, aku salah untuk mengambil keputusan yang kemudian menjebakku pada sebuah ‘keanehan’. Keanehan pertama membuatku terjebak pada angan-angan kosong yang melambung tinggi. Keanehan kedua membuatku terjebak pada sebuah ketidaksiapan.

Begitulah hidup, setiap peristiwa yang terjadi harus bisa kita ambil sebagai pelajaran penting untuk menghadapi hidup, dan menjadi sebuah pelajaran yang bernilai agar kita tak mengulang kesalahan yang sama. Selalu ada hal positif yang dapat kita ambil. Dan satu hal lagi, jangan berhenti untuk berharap dan mempersiapkan yang terbaik. Beginilah diriku yang masih terus belajar untuk menghadapi hidup dan aku masih di sini, hidup untuk terus belajar.

Learn to Live, Live to Learn, Hope for the Better Future 🙂

Advertisements

Author:

a walker of the long journey seeking for the great last place in the eternal life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s