Posted in Hadits, Renungan

Leave It or You’ll Regret!

Hadith of the day:

“Sebagian dari kebaikan keislaman seseorang adalah ia meninggalkan apa saja yang tak berguna baginya.” (HR. at-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad, Ibn Hibban, al-Baihaqi, dan Malik)

Hadits ini tentunya sangat menampar sekali, bukan hanya saya tetapi mungkin Anda pun begitu. Yup! Ketika kita mengakui bahwa kita menggenggam Islam dalam hidup kita, tentunya kita sudah mengetahui setiap konsekuensi yang harus dijalani. Termasuk untuk meninggalkan perkara yang tidak berguna. Perkara tidak berguna dalam hadits ini adalah setiap apa-apa yang tidak membawa kebaikan bagi hidup kita, termasuk hal-hal haram (tentunya), syubhat, makruh, dan sebagian perkara mubah.

Adalah suatu peringatan bagi kita untuk senantiasa memanfaatkan waktu yang tersisa dalam hal kebaikan. Kita tidak pernah tahu sampai kapan kita hidup di dunia. Siapa tahu, Malaikat Izrail mencabut nyawa kita ketika kita sedang lalai (na’udzubillah). Memang, kadang terasa jenuh melanda pada diri kita. Namun, lagi-lagi hadits ini adalah sebagai peringatan bahwa kita tidak bisa sembarang dalam berbuat atau berucap dalam hal yang tidak berguna. Mungkin kita sering tidak menyadari betapa banyak waktu yang terbuang untuk kesia-siaan. Astaghfirullahal’adziim…

Hadits tersebut memerintahkan kita untuk meninggalkan apa-apa yang tidak berguna bagi kita, baik ucapan maupun perbuatan, karena hal tersebut tidak akan mendatangkan kebaikan dari sisi Allah. Bisa saja itu membuat kita semakin jauh dari Allah, bukan?! Di hari akhir nanti, kita tentu akan sangat menyesali waktu yang kita buang sia-sia. Oleh karena itu, Rasul memperingatkan kita di jauh-jauh hari agar kita tidak menyesal nanti.

Remember, no word ‘LATE’ till we really stop breathing. Allah is The Most Gracious and Most Merciful.

Advertisements

Author:

a walker of the long journey seeking for the great last place in the eternal life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s