Posted in Catatan, Opini

Idealisme Mahasiswa, Kemana?

Akhirnya…..aku bisa nulis lagi di blog ini, setelah sekian lama browser atau mungkin servernya mendadak aneh, haha (curcol). Tadinya sih gak akan nulis topik dengan judul mahasiswa. Tapi karena gak sengaja nemu thread asik di kaskus jadi kepingin nulis topik ini. Ya gitu deh, suka labil kalo nulis, suka bergantung sama suasana hati atau suasana politik dan lingkungan. Mungkin makanya kenapa kita gak boleh ngambil catatan sejarah sebagai sumber rujukan karena selalu terpengaruhi oleh situasi politik yang terjadi, jadi gak objektif (kadang).

Well, anyway….

Sebenernya ini udah pernah aku tulis di rubrik opini pas ada momen Sumpah Pemuda. Cuma kayaknya, topik tentang idealisme mahasiswa selalu menarik untuk dibahas. Yaiyalah, secara mahasiswa kan katanya penerus bangsa, tapi ngeliat mahasiswa sekarang kebanyakan lebih mikirin kuliah dan IPK, gimana nasibnya bangsa ini?

Coba deh lihat fakta mahasiswa sekarang. Kalo sering ikutan training motivasi pasti si trainer punya tiga tipe mahasiswa. Ada mahasiswa kupu-kupu, kura-kura, dan satu lagi kuda-kuda. Apa itu mahasiswa kupu-kupu? Mahasiswa kupu-kupu itu adalah mahasiswa yang kerjanya kuliah-pulang, kuliah-pulang.  Biasanya mahasiswa tipe ini kerjaannya sedikit, ya cuma kuliah dan pulang (mau ke rumah ato kosan), hehe. Mahasiswa tipe ini lebih condong punya sifat study-oriented, kuliah mereka rajin untuk dapetin skor A biar IPK-nya gede. Mahasiswa tipe ini ada yang ikut organisasi (tapi gak aktif) dan banyaknya sih yang gak ikut organisasi. Jujur, dulu aku sendiri masuk tipe mahasiswa ini nih pas awal-awal masuk kuliah, hehe. Orientasinya adalah lulus cepet, dan udah lulus sudah pasti pengennya langsung kerja dan dapet gaji gede. Tapi kebanyakan, fakta berbicara, banyak perusahaan yang gak butuh IPK, justru pengalaman berorganisasi lebih diutamakan. Nah lho?!

Terus, tipe mahasiswa yang kedua adalah kura-kura. Mahasiswa tipe kura-kura bukan kaya kura-kura beneran yak, tapi maksudnya adalah kuliah-rapat, kuliah-rapat. Hayooo, siapa yang lebih banyak rapat daripada kuliahnya? Hihi. Mahasiswa tipe ini berbeda dengan tipe tadi, karena jelas, mahasiswa tipe kura-kura ini, mereka aktif di organisasi, makanya kerjanya selain kuliah yaa rapat di organisasi. Malah banyak juga yang bolos kuliah demi rapat. Orientasi mahasiswa semacam ini ternyata juga gak jauh beda sama yang tadi, yaitu cepet dapet kerja dengan gaji gede. Cuma, mahasiswa tipe gini kadang gak terlalu banyak mikirin segede apa sih nilai IPK-nya, yang penting lulus aja. Jumlah organisasi-organisasi yang diikutinya pun kadang gak tanggung-tanggung. Nah kalo mahasiswa tipe kayak gini udah ngikutin banyak organisasi biasanya kuliahnya terbengkalai, akhirnya lulusnya pun lama, jrengjreng!

Terakhir, tipe yang ketiga adalah mahasiswa kuda-kuda. Tau apa itu kuda-kuda? Itu adalah mahasiswa yang kerjaannya kuliah-dakwah, kuliah-dakwah. Ahemm. Gimana sih ciri-ciri mahasiswa yang suka kuda-kuda? Mahasiswa tipe kuda-kuda mungkin jumlahnya sangat sedikit di setiap kampus. Mereka berusaha memanage waktu sebaik mungkin agar kegiatan kuliah-dakwah seimbang. Mereka tahu pada hakikatnya dakwah harus senantiasa dijadikan sebagai poros hidup, tapi karena kurikulum pendidikan negeri ini yang carut marut dan padat, mahasiswa kaya mereka ini tetap berusaha menjadikan dakwah sebagai poros hidupnya. Dalam hal akademik, mereka selalu mengusahakan untuk mendapatkan prestasi yang terbaik. Karena posisi mereka sebagai pengemban dakwah, pastinya orang-orang pun akan memandang banyak hal dari mereka, termasuk prestasi akademik. Selain kuliah, amar ma’ruf nahi munkar adalah tugas wajib mereka. Mereka banyak mengkoreksi orang lain, dan diri sendiri pun wajib juga untuk dikoreksi. Dakwah itu seperti cermin. Tidak lupa juga, mahasiswa tipe ini pun gak kalah sibuk, malah sibuk banget dari mahasiswa kura-kura. Karena selain kuliah dan dakwah, banyak dari mereka juga yang turut aktif dalam organisasi-organisasi strategis di kampus, seperti BEM, BPM, atau DKM di kampus. Orientasi mereka adalah berdakwah untuk menyampaikan Islam ke tengah-tengah mahasiswa, setelah lulus pun tetap seperti itu, menyampaikan Islam ke tengah-tengah masyarakat sehingga akan terbentuklah opini dan kesadaran umum akan Islam kaffah.

Nah mungkin itu sekilas penjelasan tipe-tipe mahasiswa di kampus. Kalo ada yang nemu tipe lain, silakan sharing 🙂

Oke, sekarang balik lagi sama pembahasan utama yaitu mengenai idealisme mahasiswa. Kenapa sih kita harus ngeh dulu sama tipe-tipe mahasiswa di atas? Kira-kira tipe mahasiswa mana yang idealismenya lebih kuat? Ayoo siapa tau, rise your hand!

Sebenarnya, kita emang gak bisa sembarang menuduh kelompok mana yang idealismenya lebih tinggi. Karena memang tidak bisa digeneralisir. Ada kelompok mahasiswa kupu-kupu yang sadar bahwa kondisi bangsa ini rusak, tapi dia gak tahu harus ngapain. Makanya dia mikir bahwa dengan belajar yang rajin, dapet IPK gede, terus dapetin kerja dan dapet gaji bisa memperbaiki masyarakat (lho?!), sepertinya gak nyambung. Hmm…berarti ada yang salah dengan cara berpikirnya. Gimana dengan mahasiswa tipe kura-kura? Karena mereka anak organisasi, biasanya sih beberapa dari mereka sangat tahu dengan kondisi carut-marutnya bangsa ini. Akhirnya kalo ada momen-momen tertentu, biasanya mereka ngadain aksi-aksi di jalan atau depan gedung pemerintah. Tapi sangat disayangkan, banyak yang anarkis, main bakar-bakaran lah, gebrak-gebrak pager gedung DPRD lah, dll. Tapi itu cuma sedikit aja dari mereka, sisanya tetep ngejar IPK dan nargetin lulus cepet. Terus kalo mahasiswa tipe kuda-kuda? Sebagian besar mahasiswa tipe kuda-kuda yang menyuarakan Islam ideologis (karena gak semua mahasiswa kuda-kuda menyurakan Islam ideologis) pasti akan ngeh dan peka sama apa yang terjadi baik di sekitarnya, masyarakat maupun negara. Karena mahasiswa tipe ini dilatih untuk berpikir politis, artinya dia harus peka sama kondisi yang terjadi. Dia juga dituntut untuk bisa menguraikan masalah dari akarnya, kira-kira kenapa permasalahan ini terus terjadi.

Mungkin itu sedikit gambaran tentang macam-macam mahasiswa saat ini. Ada yang peka, banyak juga yang tidak peka. Kadang aku heran, pas nanya ‘Temen-temen ada yang tau berita seminggu ini ada apa?’ Mahasiswa di depanku hanya menggeleng-geleng tidak tau, alesannya adalah karena gak ada TV di kosan, padahal kan teknologi sudah semakin canggih (-__-). Toh hape mereka aja canggih, kan bisa internetan di smartphone, terus liat berita. Yah begitulah, pada akhirnya banyak mahasiswa (yang katanya agent of change, iron stock, dll) tidak lagi peduli dengan kondisi negerinya sendiri. Mereka teralihkan untuk mengejar IPK tinggi dan cita-cita sendiri, sementara idealiseme mereka sebagai mahasiswa tergadaikan. Kesadaran dalam beragama aja masih kurang (akibat sekulerisme), apalagi dituntut untuk memiliki kesadaran politik?! Padahal kebangkitan suatu bangsa itu akan bermula ketika pemikirannya bangkit,, artinya dia memiliki kesadaran tinggi yang dihasilkan melalui proses berpikir yang cemerlang.

Memang benar, kita adalah korban sistem kapitalisme ini. Kurikulum sengaja dibuat padat oleh pemerintah, agar tidak ada mahasiswa yang kritis yang akhirnya bisa menumbangkan pemerintahan yang ada. Tapi kita gak boleh pasrah gitu aja dengan sistem yang rusak ini. Kan Allah juga bilang, Allah itu gak ngerubah suatu kaum sebelum kaum itu yang merubah kondisi mereka sendiri. Jadi kita harus berontak dari sistem ini dan mengubahnya dengan sistem lain, yaitu Islam. Diingat ya…sistem kapitalisme telah membuat masyarakat semakin individualis dan egois, berlari mengejar materi dan dunia, tapi melupakan agama dan kehidupan akhirat. Kita itu umat muslim, kita gak selamanya tinggal di dunia, kita itu diatur oleh Allah dan kita tinggal di buminya Allah, ya otomatis kita harus pake sistemnya Allah, sistem Islam adalah sistem terbaik. Kalo kita terus pake sistem yang udah jelas-jelas rusak ini, lalu, mau jadi apa bangsa kita nanti?

Ayo para pemuda, kemana idealismemu itu?!!

Advertisements

Author:

a walker of the long journey seeking for the great last place in the eternal life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s