Posted in Catatan, Motivasi

Catatan Kecil untuk Pengemban Dakwah

Jalan dakwah memang bukanlah jalan bebas hambatan yang lurus dan datar, tetapi ia adalah jalan yang terjal dan penuh dengan cobaan serta hambatan. Orang-orang yang memilih untuk berjalan di atasnya adalah orang pilihan. Mereka dengan tekad bulat dan niat lillahi ta’ala memilih jalan ini demi menyongsong masa depan gemilang yang tak bisa mereka lihat, tetapi mereka yakini. Itulah salah satu kekuatan mereka dalam menjalani hidupnya.

Namun, banyak di antara mereka, para pengemban dakwah teralihkan, terbuai, dan tertipu oleh indahnya dunia yang sementara saja. Hingga akhirnya, daun-daun rapuh (ibarat untuk mereka) jatuh berguguran ke tanah ketika angin sepoi-sepoi meniupnya lembut. Sementara lainnya tetap kokoh dan tegar berdiri di atas keyakinan akan kemenangan yang dijanjikan Sang Pencipta.

Sekali lagi, jalan dakwah adalah jalan yang penuh dengan cobaan. Di sinilah pengorbanan sangat dibutuhkan ibarat baju besi yang kokoh dalam menghadapi terpaan cobaan. Waktu, pikiran, tenaga, perasaan, harta, bahkan nyawa jadi taruhannya.

Adakalanya, kecemasan melanda ketika diri ini dilanda cobaan kecil. Wajar memang. Bagi pengemban dakwah di negeri ini mungkin pengorbanan mereka belum sepanas para pengemban dakwah di luar negeri sana. Namun, Allah menjanjikan hal yang sama ketika kita sama-sama berkorban untuk jalan-Nya.

Fitnah keji, cemoohan, pengabaian, dan ditinggalkan mad’u biasa menjadi hembusan badai yang melanda para pengemban dakwah di tanah ini. Namun, tak usah khawatir dan tak usah cemas, karena yang kita suarakan adalah kebenaran (haq). Membiasakan khusnudzan kepada Allah tentunya membuat diri ini lebih kuat. Berusahalah untuk menjalani proses yang terbaik dalam berjuang di jalan-Nya, karena kita tidak pernah mengetahui bagaimana hasil yang akan kita dapat. Tawakal kepada-Nya adalah kunci dari semakin kuatnya kita berjalan di jalan dakwah ini.

Mungkin sering kali kita kecewa karena ternyata kemenangan itu belum datang. Jangankan tegaknya Islam di bumi Allah, untuk mengajak orang berjuang bersama pun masih sulit. Janganlah kecewa apalagi putus asa. Mungkin Allah menginginkan pengorbanan yang lebih dari kita untuk semakin menguji kita dan justru dengan itu Allah akan menaikkan derajat kita di mata Allah. Ya, Allah tahu bahwa kita bisa melewati itu semua. Karena Allah tak akan mungkin memberikan cobaan lebih dari kemampuan hamba-Nya.

Ya, mungkin kata-kata di atas hanyalah sedikit penyemangat dan motivasi bagi para pengemban dakwah termasuk diri ini yang begitu rapuh di hadapan-Nya. Yakinlah kemenangan itu dekat hingga tangan kita bisa meraihnya. Namun, itu hanyalah persoalan waktu saja, hanya Allah yang tahu. Yang harus kita lakukan adalah memberikan yang terbaik untuk deen ini.

Semoga Allah selalu menyertai langkah-langkah para pengemban dakwah Islam ideologis. Aamiiin~ 🙂

Advertisements

Author:

a walker of the long journey seeking for the great last place in the eternal life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s